Spesifikasi komputer

Secara sederhana, kita dapat mengetahui bagian-bagian komputer dari perangkat yang terlihat, yaitu ada CPU, monitor, keyboard, mouse, dan speaker. Namun, sebagai sebuah sistem, komputer mempunyai perangkat yang sangat kompleks dan cukup rumit bagi yang belum memahaminya.

Jika dikelompokkan menurut fungsinya, elemen-elemen komputer dikelompokkan menjadi 5 bagian, yaitu perangkat pengoperasian, perangkat penyimpanan, perangkat input, perangkat output, dan perangkat tambahan.

Perangkat Pengoperasian

Perangkat pengoperasian berada di dalam CPU (Central Processing Unit). Bagian ini merupakan perangkat yang berfungsi sebagai otak komputer, tugas-tugas bagian ini antara lain menyimpan sistem, mengolah data dan mengatur sistem kerja komputer.

1. Mainboard

Mainboard atau papan induk sering juga disebut motherboard yang berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja semua komponen komputer. Itulah sebabnya mainboard sangat menentukan kinerja komputer.

2. Processor

Tugas dan fungsi processor mirip dengan otak pada manusia, yaitu mengatur segala kegiatan elemen-elemen pada sebuah komputer. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan, processor terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Arithmatical Logical Unit (ALU), Control Unit (CU), dan register-register.

3. Memori

Memori adalah tempat penyimpanan data atau informasi sementara. Semakin besar memori yang digunakan, semakin cepat komputer bekerja. Memori komputer terbagi atas dua bagian, yaitu RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

4. VGA Card

Video Graphic Adapter atau Kartu Grafis adalah komponen yang berfungsi menampilkan grafis dari processor ke monitor.

5. Sound Card

Sound Card atau Kartu Suara juga bertugas sebagai pengantar input dari Processor. Sound Card mengantarkannya ke speaker.

Perangkat Penyimpanan Data

Berdasarkan jenisnya, media penyimpanan data dibagi menjadi dua bagian, yaitu Media Magnetik (Misalnya, Disket, Harddisk, Flashdisk) dan Media Optik (CD-ROM, CD-R, CDRW, DVD-R, DVD-RW).

1. Harddisk

Hardisk adalah komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpan data. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang walaupun komputer mati. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu platter atau piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat tersimpan.

2. Disket

Disket sama fungsinya dengan Flashdisk yaitu untuk menyimpan data, ukuran lingkaran dari piringannya hanya 3,5 inci, cara pengoperasiannya yaitu dengan memasukannya ke dalam perangkat yang di sebut Flopydisk.

Tetapi kapasitas disket sangat kecil, bahkan yang banyak beredar pun hanya memiliki kapasitas 1,4 MB (Megabyte). Saat ini disket sangat jarang digunakan lagi pada sistem komputer.

3. Flashdisk

Flashdisk merupakan media penyimpan data yang kini sangat populer, disamping bentuknya yang ramping sehingga mudah dibawa kemanamana juga desain yang yang menarik dan beraneka ragam.

Seperti telah kita ketahui, disket mempunyai kapasitas 1.4 MB, sedangkan flashdisk mempunyai kapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, dan seterusnya.

4. Disk (CD & DVD)

Compact Disk atau yang lebih akrab disebut CD dan Digital Versatile Disc atau DVD sama-sama berbentuk piringan atau cakram padat. Kedua media ini dibedakan dari kapasitasnya. CD berkapasitas simpan antara 650-700 MB sementara DVD dapat menyimpan data mulai dari 2 GB hingga 17 GB.

Perangkat Input

1. Keyboard

Keyboard adalah perangkat yang digunakan untuk mengetik atau untuk menginput (memasukkan) teks, memberikan perintah kepada komputer, serta untuk mengontrol pengoperasian komputer. Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY.

2. Mouse

Mouse berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer. Mouse memiliki dua tombol di kiri dan kanannya, secara umum tombol kiri berarti perintah “OK”, sedangkan tombol kanan biasanya berupa pilihan atau option. Ada pula scroll yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan halaman/tampilan pada layar.

3. Scanner

Scanner merupakan alat untuk memindai dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu akan diproses oleh komputer dan diubah menjadi data digital. Kita dapat mengolah kembali data tersebut dengan aplikasi pengolah gambar atau aplikasi pengolah teks.

Perangkat Output

Peralatan output dapat berupa Hard-copy device, artinya alat yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar pada media keras. Contohnya printer. Perangkat output juga dapat menghasilkan/ mengeluarkan soft copy, dan disebut Soft-copy device untuk menampilkan tulisan, grafik, dan suara dalam bentuk media lunak, contohnya monitor dan speaker.

Perangkat Tambahan

Yang termasuk perangkat tambahan komputer di antaranya:

1. LAN Card untuk jaringan komputer,
2. Modem untuk jaringan internet atau fax,
3. TV/FM Tuner untuk instalasi televisi atau radio
4. Pen tablet untuk menggambar, dan sebagainya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: